BAGAIMANA CARA MENDAFTAR

1 Login atau daftar sebagai partisipan.
2 Catat kode pendaftaran anda.
3Datang dalam kegiatan kami.

Jika masih ada yan ingin anda tanyakan hubungi email kami di info@website.com . Terimakasih!

KETERANGAN

Kode Pendaftaran anda
dapat ditukar dengan
Kaos dan Merchandise menarik!

LUPA PASSWORD?

NEWS UPDATE
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KABUPATEN BANGKA SELATAN •    MENUJU PEMILU BUPATI DAN WAKIL BUPATI 9 DESEMBER 2020 PEMILIH BERDAULAT NEGARA KUAT, KPU MELAYANI •   

Gerakan Klik Serentak, Pastikan Kalian Terdaftar Sebagai Pemilih

Rabu, 15 Juli 2020

Jakarta, kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) meluncurkan Gerakan Klik Serentak, sebagai kampanye bersama melakukan pengecekan hak pilih dalam Pemilihan 2020. Gerakan yang juga dilaunching secara virtual bertepatan dengan hari pertama tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas daftar pemilih.

“Gerakan semacam ini dilakukan serentak, dipublikasikan media, tentu (ingin) membangun semangat dan mengingatkan kepada seluruh pihak agar ikut peduli, mau berpartisipasi aktif dalam proses pemilihan,” ungkap Ketua KPU RI Arief Budiman di Gedung KPU RI, Jakarta.

Gerakan Klik Serentak sendiri pada prakteknya nanti masyarakat dapat mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih dengan mengakses laman www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id dan memasukkan nama, tanggal lahir, NIK serta alamat. “Aplikasi yang sudah kita siapkan, mulai hari ini kita klik sama-sama,” tambah Arief.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan mengapresiasi kegiatan Gerakan Klik Serentak yang disebutnya memudahkan masyarakat mengakses data pemilih Pemilihan 2020. Dia juga meyakini bahwa dengan adanya kemudahan ini maka kualitas data pemilih nantinya akan semakin baik. “Mudah-mudahan,” kata Abhan.

Abhan membenarkan bahwa aspek data pemilih sangat penting untuk diperhatikan. Sebab pengalaman selama ini, dugaan ketidakvalidan data pemilih kerap menjadi alasan para penggugat di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk melayangkan keberatan atas hasil pemilihan.

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad, mempersilakan penyelenggara pemilihan mengkreasikan diri selama tujuannya untuk kebutuhan penyelenggaraan. DKPP menurut dia hanya mengingatkan bahwa setiap tugas harus dilaksanakan secara baik dan beretika. “Kami berharap tantangan pandemic tidak mengurangi kreativitas menyelenggarakan pemilihan. Sekali lagi jangan takut dengan DKPP,” tandasnya.

Sementara itu Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakhrulloh menegaskan dukungan pemerintah akan suksesnya proses Pemilihan 2020. Salah satu dukungan tersebut adalah dengan meminta kepada jajaran pemerintah didaerah mendukung setiap tahapan dan yang terdekat adalah coklit. “Kami berharap masyarakat juga berperan aktif karena kunci sukses DPT adanya peran dari masyarakat untuk terlibat dan mengecek,” tutur Zudan. Sumber KPU.go.id

BERITA LAIN

Indeks Berita -
TOP